Kewarganegaraan, Kebangsaan, dan Etnisitas

Kewarganegaraan, Kebangsaan, dan Etnisitas

Mendamaikan Persaingan Identitas

Penulis                  : T.K. Oommen

Penerjemah           : Munabari Fahlesa

Penerbit                : Kreasi Wacana

Cetakan Pertama  : 2009

ISBN                   : 978-602-8001-36-6

Buku terjemahan dengan judul asli Citizenship, Nationality, And Ethnicity Reconciling Competing Identities, adalah buku berusaha meluruskan konsepsi yang terjadi tentang warga negara, bangsa, dan etnis. Diawali dengan sebuah landasan konseptual dari warga negara, bangsa dan etnis, juga memberikan sebuah penjelasan dan argumentasi serta komponen-komponen yang ada dalam sebuah realitas sosial hari ini. Lalu mengkaji keterkaitan diantara komponen yang ada, dan membangun sebuah konsepsi ulang tentang warga negara, bangsa dan etnis.

Buku ini mengkaji contoh-contoh kasus di negara-negara yang rawan konflik karena dengan berbagai alasan yang sebelumnya diungkapkan oleh para pakar, kemudian di luruskan menurut penulis di sertai argumentasi yang jelas pula tentunya. Lalu, meluruskan setiap hal dan membangun sebuah konsepsi yang baru atas apa yang telah terjadi.

Seperti ungkapan di awal bukunya, Ernast Barker berpendapat :

Konsepsi para akademisi yang dinodai oleh media, dan kemudian diperkuat menjadi objek politik politik oleh politisi, bisa menjadi bom waktu yang akan merusak sistem negara yang berlaku. Itulah sebabnya para akademisi perlu menjaga kemurnian konsepsinya dengan cara mengawasi penggunaan konsepsi tersebut dan mengkritisi penyimpangannya. Para akademisi yang melahirkan sebuah ide tidak akan pernah melepaskan diri dari tanggungjawab akademisnya.” (1948 : 25)

penulis memang hanya ingin sekedar meluruskan setiap hal yang telah disampaikan sebelumnya, dan meluruskan setiap konsepsi yang sudah mapan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s